Cara Menghilangkan Komedo

Nah sekarang saya bagi-bagi tips untuk menghilangkan komedo. Mungkin ada yang belum tahu apa itu komedo ya? Pengertian komedo adalah merupakan sejenis jerawat, komedo adalah pori-pori yang tersumbat. Komedo ada 2 jenis yaitu yang pertama blackhead (komedo yang terbuka), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Jenis yang kedua adalah whitehead (komedo yang tertutup) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Biasanya, komedo muncul di sekitar dahi, hidung, dan dagu, juga di bawah mata dan pipi. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Komedo yang sering muncul di wajah memang sangat mengganggu. Bintik hitam atau bahkan putih ini bisa membuat orang menyangka kita jorok, karena tak rajin membersihkan wajah. Kotoran, debu, sel kulit mati hingga penumpukan minyak berlebih berkumpul menjadi satu dan menjadi komedo.

Langkah Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat

1. Membersihkan wajah 2 sampai 3 x sehari
Membersihkan wajah secara teratur yaitu 2-3 kali dalam satu hari mempunyai peran penting     dalam mencegah munculnya komedo. Karena berbagai debu atau bedak akan tidak menempel     diwajah dan tidakan menyebabkan timbulnya komedo. Untuk bagian wajah yang ada komedo       bisa dengan pembersih untuk hasil yang bagus.

2. Menggunakan facial scrub Facial scrub dapat mengelupaskan kulit mati dan memunculkan   atau menggantikan dengan sel kulit yang baru. Karena Sel kulit mati ini bisa memperparah           komedo bila tidak segera diangkat. Bagian yang paling sering terkena komedo yaitu bagian           wajah area dahi, hidung & dagu jadi dibagian ini yang perlu di facial scrub.

3. Menggunakan Handuk Hangat Lalu handuk rendam handuk ke dalam air panas kemudian taruh di are wajah terkena komedo. Handuk rendaman air panas ini bisa membantu menghilangkan rasa perih waktu pengelupasan komedo. Disamping itu, handuk panas juga mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan pengangkatan tersebut.

4. Mengoleskan krim penghilang jerawat di atas kulit berkomedo Dalam memilih krim ini pilihlah krim yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida mempunyai fungsi untuk menghilangkan bakteri, menyerap minyak di wajah, sangat cepat menghilangkan komedo dan juga dalam cara menghilangkan jerawat.

5. Rutin pergi ke salon melakukan facial Pergi ke salon dan melakukan konsultasi kepada yang ahli terhadap perawatan wajah mungkin akan membantu dalam cara menghilangkan komedo secara halus dan lembut, jadi tidak terlalu beresiko terhadap terjadinya infeksi pada wajah.


Cara Menghilangkan Komedo secara alami

1. Garam
Cuci wajah sobat sehari sekali dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Garam akan mengurangi minyak berlebih pada wajah, dalam kata lain membantu menghilangkan komedo.

2. Lidah buaya
Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit sobat lebih segar dan halus tanpa komedo.

3. Es batu
Usapkan es batu di sekitar area berkomedo kira-kira 10 menit. Es batu ini akan membuat pori-pori kulit mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.

4. Air putih
Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih halus dan bercahaya.

5. Putih telur
Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.

Semoga bermanfaat....^^

0 comments:

Posting Komentar